Kamis, 30 September 2010

Lidah Mertua


Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama Lidah Mertua. Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam, memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.



Sansevieria termasuk tanaman hias yang sering disimpan di dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi dengan sedikit air dan cahaya matahari. Tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cukup tahan banting itulah keunggulan Sansivieria. Bahkan tak disiram beberapa hari pun tetap bertahan hidup. Dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur. Hindari menggunakan pupuk kimia dalam perawatannya karena akan menyebabkan akrnya menjadi busuk.
Selain sebagai tanaman hias, Sanseviera kerap ditaruh di sudut dapur atau kamar mandi untuk meredam bau. W Sansevieran memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dantrichloroethylenearn. Daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.
Ditinjau berdasarkan jenisnya sansevieria ada dua jenis yakni yang pertama yaitu sansevieria keturunan asli/spesies sedangkan yang kedua adalah jenis hasil persilangan/hibridasi yang bisa disebut dengan jenis sansevieria hybrid. Selain sebagai tanaman hias, Sanseviera juga memiliki manfaat lain misalnya untuk menjaga kesuburan rambut, mengobati penyakit seperti diabetes, sakit telinga, ambeien.

( dari berbagai sumber, photos by me)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar